Tetap Belajar di Tengah Pandemi

Tetap Belajar di Tengah Pandemi

Orang-orang yang beriman dan bertaqwa, sudah sepatutnya senantiasa berusaha terus menerus secara berkesinambungan untuk mencari ilmu guna meningkatkan kualitas diri dan orang-orang di sekitarnya. Proses mencari ilmu salah satunya dapat dilakukan dengan belajar di sekolah.

Kini di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dunia mengalami kendala untuk belajar secara formal di sekolah. Tidak terkecuali hal ini dialami dunia pendidikan di tanah air. Peserta didik diliburkan hingga waktu yang tidak ditentukan.  Salah satu pilihan MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo untuk tetap menjaga proses pendidikan adalah dengan memanfaatkan teknologi. Banyak metode yang digunakan dalam pemanfaatan sarana teknologi ini. Semua dilakukan agar peserta didik tetap bisa belajar walaupun di rumah.  Selain proses pembelajaran dilakukan dengan elearning, di sekolah ini juga menerapkan live teaching dengan memanfaatkan aplikasi zoom dan pembelajaran lewat channel Youtube MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo.

Semua itu dilakukan karena pada prinsipnya proses belajar tidaklah harus berhenti dalam kondisi apapun. Bahkan Islam mewajibkan bahwa belajar tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi juga orang tua. Belajar dilakukan mulai dari lahir hingga meninggal dunia. Artinya Islam menghendaki setiap umatnya selalu meng-upgrade diri agar menjadi pribadi yang semakin berkualitas. Dengan ilmu, kehidupan menjadi berkembang, senantiasa dinamis, dan penuh kreativitas.