Kajian Kitab Kuning Online menjadi Kegiatan Ramadhan Tahun Ini

Kajian Kitab Kuning Online menjadi Kegiatan Ramadhan Tahun Ini

Di tengah situasi pandemi saat ini, mau tidak mau semua kebiasaan dan kegiatan yang telah terjadwal harus diagendakan ulang, baik dari segi waktu maupun teknis pelaksanaannya. Tak terkecuali pula dengan kegiatan Ramadhan tahun ini.

Kegiatan yang sejatinya dapat dilaksanakan di madrasah dan dilakukan secara langsung dengan tatap muka, kini mau tidak mau harus dilakukan secara online. Pondok Ramadhan dan kegiatan efektif fakultatif lainnya harus berubah tahun ini.

Alhamdulillah, dengan diskusi dan masukan dari berbagai pihak, MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo tetap bisa melakukan kegiatan “Pondok Ramadhan” meskipun dengan segala keterbatasan dalam hal persiapan. Yaitu dengan membuat sebuah Kajian Kitab Safinatunnajah, membahas tentang permasalahan fiqih ibadah, yang diunggah di channel YouTube madrasah.

Kajian ini diprakarsai oleh ustadz Soniful Ulum, S.H.I., M.H.I., sebagai pemateri, ustadz Ahmad Khoiruddin, S.Pd., M.Pd. dan ustadz Fakhrur Rozy, S.Or., M.Pd., sebagai pelaksana teknis pengambilan gambar, serta ustdzah Nela Akmalia, S.Pd. sebagai editor video.

Hampir tiga puluh bab pembahasan materi yang ada dalam kajian kitab ini. Setiap peserta didik diwajibkan untuk membuat resume untuk setiap bab materi kajian yang dijadwalkan tayang setiap hari. Setelah membuat resume, peserta didik juga diwajibkan untuk mengupload hasil resume nya di e-learning madrasah untuk dicek kelengkapannya oleh wali kelas masing-masing serta dikoreksi oleh guru bidang keagamaan.

Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berjalan di tengah pandemi ini, namun juga seterusnya sebagai solusi dan bentuk dari pembelajaran 4.0 yang sesungguhnya.